Menkominfo Ajak Masyarakat Perangi Berita Bohong di Media Sosial

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak masyarakat untuk memerangi penyebarluasan berita bohong  serta ujaran kebencian di media sosial. Menyikapi hal tersebut, maka diperlukan kehati-hatian dalam menyebarluaskan dan menyerap informasi yang didapat dari media sosial.

“Sudah 90 persen informasi atau kabar bohong yang banyak tersebar, sumbernya utamanya berasal dari media sosial,” ujarnya saat Temu Blogger dan Media yang diselenggarakan di Palangkaraya (12/5).

Menurut Rudiantara, media sosial awalnya digunakan untuk sarana mencari teman dan meningkatkan silaturahmi, serta berusaha dengan berjualan atau berdagang. Namun, seiring berjalannya waktu, ada pihak-pihak tertentu secara sengaja menyebarluaskan informasi atau berita yang isinya mengandung unsur kebohongan.

Lebih lanjut, Menteri Rudiantara menyatakan, jika tidak bijak menggunakannya maka akan berdampak bahkan mengancam toleransi antar umat manusia dan keutuhan negara. Masyarakat juga harus mampu memilah informasi ataupun berita yang beredar di medsos, terlebih dahulu ditelaah secara cerdas, disikapi secara arif dan bijaksana.

 “Sebab, apapun yang telah ditulis atau disebar di medsos dapat bertahan ratusan tahun dan sangat mudah untuk ditemukan pihak manapun,” jelasnya seperti yang dikutip www.kominfo.go.id. (MD)

Berita Terkait

Pemerintah Utamakan Perbaikan Sanitasi dan Air Bersih

Untuk mencegah banyaknya kematian anak akibat diare, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadikan perbaikan sanitasi dan air bersih tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang harusRead More

Kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional PCNU Kabupaten Pasuruan Tahun 2018

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2018,   Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan akan menggelar rangkaian acara yang dilaksanakan mulai tanggal 18 Oktober - 11Read More

Siap Perangi Serangan Siber, Kominfo Bentuk Kekuatan Generasi Muda

Sebanyak 10 juta serangan yang mengakibatkan kerugian untuk perkembangan teknologi digital atau cyber attack diperkirakan terjadi setiap harinya di seluruh negara-negara internasional. Indonesia masukRead More

No Comments

Tuliskan Komentar