Siap Perangi Serangan Siber, Kominfo Bentuk Kekuatan Generasi Muda

Sebanyak 10 juta serangan yang mengakibatkan kerugian untuk perkembangan teknologi digital atau cyber attack diperkirakan terjadi setiap harinya di seluruh negara-negara internasional. Indonesia masuk sebagai top country cyber attack. 

Khusus untuk Indonesia, tercatat menjadi negara peringkat ketiga yang masuk dalam radar sasaran cyber attack. Hal itu diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam acara Digicamp Born to Protect yang diselenggarakan Xynexis bersama Kemenkominfo di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Negara Indonesia, ucap Menteri Rudiantara, amat merasa bangga memiliki Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang secara regulasi memiliki kewenangan menangkal cyber threat. 

Kemudian sejak tahun 2017, Kemenkominfo juga terus mengajak dan mencoba mengoptimalkan potensi generasi muda Indonesia yang mempunyai kapasitas di teknologi digital untuk bersama-sama memerangi cyber attack.

"Kita cari dan biayai. Nanti teman-teman yang sudah tersertifikasi dan 100 orang terpilih diharapkan menjadi cikal bakal sumber daya manusia yang akan berkembang untuk memproteksi negara kita melalui jaringan cyber," ujar Menteri Rudiantara seperti yang dikutip www.kominfo.go.id.

Menteri Rudiantara menjelaskan, seluruh sumber daya generasi muda Indonesia yang telah terpilih memiliki peran dan tanggung jawab memproteksi negara dari serangan siber yang dapat menyasar pemerintahan, korporasi swasta, perguruan tinggi, LSM, CSO dan berbagai organisasi resmi lainnya. (MD)

Berita Terkait

Pemerintah Utamakan Perbaikan Sanitasi dan Air Bersih

Untuk mencegah banyaknya kematian anak akibat diare, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadikan perbaikan sanitasi dan air bersih tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang harusRead More

Kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional PCNU Kabupaten Pasuruan Tahun 2018

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2018,   Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan akan menggelar rangkaian acara yang dilaksanakan mulai tanggal 18 Oktober - 11Read More

Masyarakat Pesisir Harus Segera Amankan Diri Ketika Gempa Besar Terjadi

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono,menyatakan ketika terjadi gempa besar masyarakatRead More

No Comments

Tuliskan Komentar