Mendagri : Pemerintah Akan Launching Indek Kerawanan Pemilu

Pemerintah akan melaunching Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) jelang Pilkada dan Pemilu nasional serentak pada 2019. IKP yang disusun pemerintah, akan jadi pelengkap bagi IKP yang sudah dikeluarkan Bawaslu. 

“Nanti juga akan dilengkapi oleh indek kerawanan yang juga disusun instansi lain seperti kepolisian dan semua pihak. Sehingga ada pemetaaan yang lebih komprehensif,” kata Menteri Dalam Negeri Tjaho Kumolo pada (3/11).

Menurutnya, pertemuan yang rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi, beberapa petinggi lembaga negara, seperti Kapolri, Kepala BIN, Jaksa Agung dan juga Panglima TNI, akan ikut memberi pengarahan. Pertemuan di bulan Februari itu juga bakal dihadiri para komandan Kodim dan beberapa elemen-elemen demokrasi. 

Dikutip dari laman www.kemendagri.go.id, Bawaslu sudah memetakan daerah yang merah sampai kuning tapi pada prinsipnya semua daerah berpotensi adanya gangguan. Potensi gangguan atau konflik dalam sebuah kontestasi politik bukan dipicu oleh rakyat atau pemilih, tapi  penyebabnya berasal dari kontestan pemilihan. Misalnya karena tidak siap kalah.

"Bukan dari rakyat memilih tapi mungkin dari pasangan calon yang tidak mau mengakui kesalahan atau kekelahan, tim suksesnya juga padahal telah diberikan tahapan-tahapan proses sampai ke MK," tuturnya. (MD)

Artikel Terkait

Peran Humas dan Kominfo Harus Berbeda

Agar peran Humas dan Kominfo di pemerintah daerah terdapat perbedaan, Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan InformatikaRead More

Utamakan Anggaran Layanan Kesehatan Masyarakat

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menghibau kepada jajaran pemerintah daerah agar memanfaatkan anggaran dengan baik. Misalnya, memprioritaskan anggaran layanan kesehatanRead More

Ciptakan Kemitraan Usaha Kecil-Besar yang Sehat

Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, pemerintah mendorong dan  mengembangkan berbagai pola kemitraan usaha antara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM)Read More

No Comments

Tuliskan Komentar