Dirjen Dukcapil Ingatkan Daerah Segera Terapkan GISA

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengingatkan kembali pesan Mendagri Tjahjo Kumolo terkait pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) pada Rakornas Dukcapil di Kota Batam awal 2018 lalu. 

Menurut Zudan saat di Jakarta Rabu (26/4), GISA harus diimplementasi oleh daerah dengan cara menetapkan desa/kelurahan sadar Adminduk, kecamatan sadar Adminduk, kabupaten/kota sadar Adminduk, dan provinsi sadar Adminduk. 

 Untuk itu, di setiap provinsi diharapkan akan ada minimal satu kabupaten/kota sadar Adminduk. Begitupun di tingkat kabupaten/kota minimal terbentuk satu kecamatan sadar Adminduk, serta di kecamatan minimal ada satu desa/kelurahan sadar Adminduk. Selain itu, Zudan mengaku pihaknya terus melakukan evaluasi penyelenggaraan Adminduk serta perkembangan pemanfaatan database kependudukan dan KTP-el secara nasional. 

Dikutip laman www.kemendagri.go.id, di akhir arahannya Zudan  mengingatkan  bagi provinsi dan kabupaten/kota yang belum launching GISA untuk segera mencanangkannya. Hal ini menurutnya sebagai langkah strategis pemerintah untuk mendorong dan mempercepat semua penduduk memiliki dokumen kependudukan. (MD)

Berita Terkait

Kemenag Mulai Berikan Kartu Nikah Untuk Pasangan Pengantin

Kementerian Agama (Kemenag) mulai memberikan kartu nikah kepada pasangan pengantin. Kartu Nikah ini menjadi fasilitas tambahan yang diberikan kepada pasangan pengantin usai melangsungkan pernikahan. 
Read More

Kenali Lima Warna Kertas Suara dalam Pemilu 2019

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri) Bahtiar mengungkapkan bahwa nanti pada hari H Pemilu di tanggal 17 April 2019 mendatang, di tempat pemungutan suara (TPS) akanRead More

Pelayanan Tetap Berjalan Meskipun Kampanye Imunisai Campak-Rubella Berakhir

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kemenkes, dr. Anung Sugihantono, M.Kes mengatakan kampanye imunisasi campak-rubella dihentikan, tapi pelayanan imunisasinya tetap dilanjutkan.Read More

No Comments

Tuliskan Komentar