Menkominfo : Atasi Konten Negatif dengan Pendekatan Ekosistem

Untuk mengatasi konten negatif di internet pemerintah menggunakan pendekatan ekosistem dan stakeholders. Demikian yang disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam Diskusi Publik  di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/8). 

Lebih lanjut, Menteri Kominfo menekankan tugas yang diambil pemerintah. “Tugas pemerintah untuk melindungi masyarakat Indonesia. Saya memblokir untuk kepentingan itu, bukan menghalangi. Kalau melakukan pemblokiran dikatakan represif, kalau tidak melakukan pemblokiran dikatakan letoi,” tandasnya.

Menteri Rudiantara mengakui saat ini tingkat literasi masyarakat Indonesia terhadap media sosial masih rendah. Oleh karena itu ia akan pendekatan ekosistem akan lebih baik karena bisa menyeluruh. Terlebih lagi yang jadi masalah di Indonesia, karena tingkat literasi masyarakat Indonesia terhadap hal-hal yang berkaitan dengan media online media sosial, masih jauh, sangat rendah dibanding dimana platform ini berada.

Dikutip dari laman www.kominfo.go.id, dalam pendekatan ekosistem Menteri Kominfo menjelaskan perhatian utama tidak hanya terhadap konten di media sosial tetapi juga sumberdaya manusia. Bahkan berkaitan dengan konten pornografi, ia menjelaskan upaya yang ditempuh lengkap mulai dari hulu ke hilir. Sedangkan mengenai konten bermuatan terorisme, Menteri Kominfo mengatakan terus berkoordinasi dengan Densus 88, BNPT, maupun intelijen.

“Mereka menggunakan messaging system yang sangat secure. Banyak yang dilakukan pemerintah. Tidak hanya di dunia yang bingung  konten negatif, ada unsur masyarakat, pengguna ponsel, ada pemerintah, society, kemudian ada juga platform,” imbuhnya. (MD) 

Berita Terkait

Pemerintah Akan Buka Data Migas Secara Luas Agar Bisa Diakses Gratis

Untuk menarik investor minyak dan gas bumi (migas) ke Indonesia, Pemerintah berencana akan menggratiskan raw data migas Indonesia untuk dapatRead More

Awasi Pemilu Lewat Aplikasi "Ayo Jaga TPS"

Menjelang pemungutan suara pemilu serentak 17 April 2019, publik kembali diingatkan untuk berpartisipasi menjaga tempat pemungutanRead More

Kominfo Buat Layanan Chatbot Anti Hoaks dalam Memerangi Hoaks

Dalam rangka meningkatkan upaya memerangi hoaks, kabar bohong, informasi menyesatkan dan ujaran kebencian, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyediakan layanan yang diberi nama Chatbot AntiRead More

No Comments

Tuliskan Komentar