Dukung Kota Pintar, ITS Luncurkan Buku Smart City

Seiring berkembangnya era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia, dan mendukung pelayanan masyarakat perkotaan yang berbasis information technology (IT). Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terketuk untuk ikut berkontribusi dengan meluncurkan buku berjudul Smart City: Konsep, Model, dan Teknologi.

Buku Smart City tersebut berisi 46 tulisan yang disusun oleh 81 peneliti dari 25 departemen di ITS sesuai bidang keahliannya masing-masing. "Seluruh dosen dari semua jurusan terlibat, karena Smart City ini menyangkut banyak aspek yang harus diperhatikan," ujar Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc, Selasa (2/4).

Menurut guru besar Teknik Lingkungan tersebut, buku ini merupakan salah satu kontribusi dari ITS sebagai perguruan tinggi berbasis sains dan teknologi dalam pengembangan smart city di Indonesia.

Dikutip dari laman www.kominfo.jatimprov.go.id, buku yang berisi tentang konsep dan metodologi penerapan Smart City ini disusun berdasarkan enam dimensi. Adapun enam dimensi tersebut ialah Smart Government dan Smart Branding masing-masing dengan lima tulisan, Smart Econom dengan empat tulisan, Smart Living dengan 11 tulisan, Smart Society dengan empat tulisan, dan Smart Environment dengan tujuh tulisan.

Berita Terkait

Melalui Aplikasi SIKS-NG, Kemensos Siapkan Data Kemiskinan Yang Akurat dan Aktual

Sebagai pelaksana program penanggulangan kemiskinan, Kementerian Sosial (Kemensos) mengimplementasikannya melalui berbagai program.

“Ada Program Keluarga Harapan (PKH), Kelompok Usaha BersamaRead More

Pemerintah Buka Pendaftaran Menjadi Anggota KASN 2019-2024

Pemerintah membuka peluang seluruh Warga Negara Indonesia untuk menjadi pengawas Aparatur Sipil Negara (ASN), dengan menjadi Anggota Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) periode 2019-2024, menggantikanRead More

Mendikbud Minta Program Pengenalan Lingkungan Sekolah Kuatkan Pendidikan Karakter

Terkait dengan dimulainya tahun ajaran baru pada Senin (15/7) mendatang, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) meminta agar program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang menjadi bagian dariRead More

No Comments

Tuliskan Komentar