Dinas Kominfo Siap Tingkatkan Inovasi Guna Meningkatkan Kepuasan Pelayanan Publik Pada Masyarakat.

Isu pelayanan publik merupakan salah satu yang sering dibahas ketika mendengar kata Organisasi Perangkat Daerah. Karena hal tersebut mencakup masyarakat dalam arti tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik .

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pasuruan menggandeng Tim Tenaga Ahli dari Universitas Brawijaya Malang guna melakukan survey data evaluasi pelayanan publik perangkat daerah.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan menjadi salah satu OPD yang dinilai oleh tim tenaga ahli yaitu Rilla Anggraeni,SE.,MM dan Nur Hidayat,S.H.,M.H. Sementara dari Dinas Kominfo diwakili oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik, Mariati dan Kasie E-Government dan Pemberdayaan TIK Ratna Widiawati. Survey tersebut dilakukan pada Selasa, (10/08/2021). 

Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepatuhan penyelenggara pelayanan publik di Kabupaten Pasuruan dalam rangka meningkatkan kepuasan masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan melalui Kepala Bidang Komunikasi Publik, Mariati,S.STP mengatakan bahwa segala aspek dan komponen dari penilaian tersebut telah berusaha untuk dipenuhi.

“Komponen yg dinilai antara lain standar pelayanan, Sumber Daya Manusia terkait pelayanan sampai dengan sarana dan prasana pelayanan,”ucapnya.

Terkait sarana dan prasarana yang dinilai meliputi fasilitas parkir, ruang tunggu, toilet, tempat ibadah, tempat ibu menyusui, arena bermain, kantin dan sarana prasarana untuk masyarakat berkebutuhan khusus (difabel). Sarana dan Prasarana menjadi salah satu komponen yang berusaha untuk dimaksimalkan mengingat Dinas Kominfo menempati kantor baru dan masih memerlukan perbaikan di aspek tersebut.

Secara khusus, sebagai OPD yang menjadi garda terdepan terkait publikasi baik secara tatap muka dan online, Dinas Kominfo akan lebih memaksimalkan lagi peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang sudah tersebar di hampir seluruh Kecamtan dan Desa, serta Radio Suara Pasuruan dan Command Center sebagai penggerak publikasi secara online.  

“Sebagai garda terdepan publikasi di Kabupaten Pasuruan, Dinas kominfo terus berkomitmen tinggi dan selalu melakukan inovasi dan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kepuasan masyarakat pengguna layanan dinas kominfo,”tambahnya. (dnd)

Berita Terkait

Bupati Irsyad Yusuf Raih Penghargaan Digital Innovation Award 2022

Untuk yang kesekian kalinya, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) kembali meraih penghargaan.

Kali ini, penghargaan yang diterimanya adalah Digital InnovationRead More

Pengaturan Jam Kerja ASN Pemkab Pasuruan Selama Ramadhan 1443 H

Pemerintah telah mengatur jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama bulan Ramadhan 2022/1443 Hijriah. Termasuk di Lingkungan Pemkab Pasuruan. Sekretaris DaerahRead More

Si Sakti Dinas Kominfo Masuk Top 15 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan 2022

Sistem Aplikasi Konsultasi Teknologi Informatika (SAKTI) milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasuruan masuk Top 15 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan.

Read More

No Comments

Tuliskan Komentar