BBM BELUM NAIK, HARGA CABAI KERITING SUDAH TEMBUS Rp 50.000

PASURUAN - Menjelang rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), harga cabai keriting di sejumlah pasar tradisional Pasuruan, melambung tinggi.

Seperti di Pasar Warungdowo, harga jual cabai keriting mencapai Rp50 ribu-Rp60 ribu per kilogram. Padahal beberapa minggu sebelumnya, harga cabai keriting untuk setiap kilonya masih di kisaran Rp 20-Rp 22.000.

Umi Kulsum (45), salah satu pedagang sembako mengaku menaikkan harga cabai keriting sejak seminggu lalu. Dirinya menjual cabai keriting dengan harga Rp 50.000/kgnya.

Lah semua sudah naik, mulai dari tingkatan petani sampai dengan kulakan semuanya dinaikkan, kalau tidak, ya bisa rugi banyak saya, ungkapnya kepada Suara Pasuruan, Senin (17/11).

Umi juga menuturkan bahwasanya banyak pembeli yang mengeluhkan kenaikan harga cabai ini. Tak sedikit pembeli yang mengurungkan niat membeli cabai dengan jumlah banyak.

Kalau sudah naik, pelanggan banyak yang mengeluh, banyak juga yang tidak jadi beli gara-gara mahal, mereka kaget, ucapnya.

Selain karena mahalnya harga kulakan, kenaikan harga cabai keriting menurut Umi juga disebabkan oleh kondisi kemarau berkepanjangan, sehingga banyak tanaman cabai yang kering, akibat kurangnya pengairan maupun irigasi yang tak sempurna.

Kalau kepanasan, maka cabainya juga berubah bentuk, jadi sedikit kiyut (mengkerut dan layu), imbuhnya.

Sementara itu, kenaikan harga cabai keriting yang sangat signifikan, tidak terlalu berdampak pada kenaikan harga sejumlah barang sembako lainnya, baik gula, beras, minyak goring, telur dan harga sembako lainnya. Sebut saja untuk harga beras IR 64 Masih di kisaran Rp 8000/kg. Begitu juga dengan harga gula pasir yang masih bertahan di kisaran Rp 9200-Rp 9500/kgnya, kemudian harga telur ayam  yang juga masih dijual di kisaran Rp 15.000-Rp 16.000. Selanjutnya untuk harga tepung terigu, kebanyakan para penjual masih mematok harga perkilogramnya di kisaran Rp 7200-Rp 7500, selanjutnya untuk harga bawang merah dan bawang putih, keduanya sama-sama dijual Rp 14.000/kgnya.

Berita Terkait

Bupati Irsyad Yusuf Raih Penghargaan Digital Innovation Award 2022

Untuk yang kesekian kalinya, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) kembali meraih penghargaan.

Kali ini, penghargaan yang diterimanya adalah Digital InnovationRead More

Pengaturan Jam Kerja ASN Pemkab Pasuruan Selama Ramadhan 1443 H

Pemerintah telah mengatur jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama bulan Ramadhan 2022/1443 Hijriah. Termasuk di Lingkungan Pemkab Pasuruan. Sekretaris DaerahRead More

Si Sakti Dinas Kominfo Masuk Top 15 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan 2022

Sistem Aplikasi Konsultasi Teknologi Informatika (SAKTI) milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasuruan masuk Top 15 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan.

Read More

No Comments

Tuliskan Komentar