Standart Pelayanan Publik
KEPUTUSAN
KEPALA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
KABUPATEN PASURUAN
NOMOR : 489/061/424.084/2021
TENTANG
PENETAPAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
KABUPATEN PASURUAN
TAHUN 2021
KEPALA DINAS KOMUNKASI DAN INFORMATIKA,
Menimbang : |
a. |
bahwa dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan asas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dan guna mewujudkan kepastian hak dan kewajiban berbagai pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan, setiap penyelenggara pelayanan public wajib menetapkan standar pelayanan; |
|
b. |
bahwa untuk memberikan acuan dalam penilaian ukuran kinerja dan kualitas penyelenggaraan pelayanan dimaksud dalam huruf a, perlu menetapkan Standar Pelayanan Publik Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan; |
|
c. |
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Keputusan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pasuruan tentang Penetapan Standar Pelayanan Publik Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan; |
Mengingat : |
1. |
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah – Daerah Kabupaten dalam Lingkungan Provinsi Jawa Timur; |
|
2. |
Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik; |
|
3. |
Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik; |
|
4. |
Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang – undangan; |
|
5. |
Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang – Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; |
|
6. |
Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik; |
|
7. |
Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik; |
|
8. |
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 13 Tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan Partisipasi Masyarakat; |
|
9. |
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan; |
|
10. |
Peraturan Daerah Nomor 27 Tahun 2012 tentang pelaksanaan dan penetapan capaian indikator standar pelayanan minimal di Kabupaten Pasuruan |
MEMUTUSKAN :
Menetapkan :
KESATU |
: |
Standar Pelayanan Publik Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan sebagaimana tersebut dalam Lampiran Keputusan ini. |
KEDUA |
: |
Standar pelayanan Publik Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan meliputi ruang lingkup pelayanan :
|
KETIGA |
: |
Standar pelayanan sebagaimana tersebut dalam Lampiran Keputusan ini wajib dilaksanakan oleh penyelenggara / pelaksana dan sebagai acuan dalam penilaian kinerja pelayanan oleh pimpinan penyelenggara, aparat pengawasan, dan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. |
KEEMPAT |
: |
Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. |
Ditetapkan di Pasuruan
Pada tanggal, 04 Januari 2021
|
Lampiran : Keputusan Kepala Dinas
Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Pasuruan
Nomor : 489/061/424.084/2021
Tanggal : 04 Januari 2021
I. BIDANG KOMUNIKASI PUBLIK (KP)
- STANDAR PELAYANAN INFORMASI PUBLIK
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Persyaratan |
Melampirkan identitas diri |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
Pemohon informasi publik menyampaikan melalui :
|
3. |
Jangka Waktu pelayanan |
10 hari kerja |
4. |
Biaya/ tarif |
Tidak dipungut biaya |
5. |
Produk pelayanan |
Data/ informasi yang diminta oleh pemohon |
6. |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan |
|
7. |
Waktu pelayanan |
Jam 08.00 – 14.00 WIB |
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing)
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Dasar Hukum |
|
2. |
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas |
|
3. |
Kompetensi pelaksana |
|
4. |
Pengawasan Internal |
Supervisi atasan langsung |
5. |
Jumlah pelaksana |
Maksimal 2 oranag petugas pada setiap OPD |
6. |
Jaminan pelayanan |
Memberikan pelayanan informasi yang cepat dan tepat waktu |
7. |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Memberikan pelayanan yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan. |
8. |
Evaluasi kinerja pelaksana |
Dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun |
2. STANDAR PELAYANAN PENGADUAN
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Persyaratan |
Melampirkan identitas diri |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
Pemohon menyampaikan laporan atau aduan melalui :
|
3. |
Jangka waktu pelayanan |
10 hari kerja |
4. |
Biaya/ tarif |
Tidak dipungut biaya |
5. |
Produk pelayanan |
Jawaban laporan/ aduan masyarakat. |
6. |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan |
|
7. |
Waktu pelayanan |
Jam 08.00 – 14.00 WIB |
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Dasar Hukum |
|
2. |
Sarana, prasarana dan / atau fasilitas |
|
3. |
Kompetensi pelaksana |
|
4. |
Pengawasan internal |
|
5. |
Jumlah pelaksana |
Maksimalkan 2 orang petugas |
6. |
Jaminan |
Jawaban diberikan dengan cepat, tepat, lengkap. |
7. |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Memberikan pelayanan yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan. |
8. |
Evaluasi kinerja pelaksana |
Dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun |
II BIDANG INFRASTRUKTUR APLIKASI INFORMATIKA (IAI)
- STANDAR PELAYANAN PEMBANGUNAN DAN ATAU PENGEMBANGAN APLIKASI
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Persyaratan |
Surat Permohonan Pembuatan dan atau Pengembangan Aplikasi dari Kepala OPD |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
Pemohon datang ke Dinas Kominfo, menjelaskan.
|
3. |
Jangka Waktu pelayanan |
Minimal 3 (tiga) bulan |
4. |
Biaya/ tarif |
Tidak dipungut biaya |
5. |
Produk pelayanan |
Aplikasi sebagaimana yang diminta oleh pemohon |
6. |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan |
Melalui aplikasi SAKTI (http://sakti.pasuruankab.go.id) |
7. |
Waktu pelayanan |
Jam 08.00 – 14.00 WIB |
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Dasar Hukum |
|
2. |
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas |
|
3. |
Kompetensi pelaksana |
|
4. |
Pengawasan Internal |
Supervisi atasan langsung |
5. |
Jumlah pelaksana |
Minimal 2 orang programmer untuk pembuatan dan/atau pengembangan aplikasi |
6. |
Jaminan pelayanan |
Memberikan pelayanan pembuatan aplikasi yang sesuai dengna proses bisnis yang dimiliki oleh OPD/pihak pemohon. |
7. |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Jaminan keamanan terhadap data-data yang diberikan sebagai data utama atau pendukung dalam pembuatan dan/atau pengembangan aplikasi |
8. |
Evaluasi kinerja pelaksana |
Dilakukan setiap minggu untuk mengetahui tahapan pengembangan yang sedang dikerjakan |
2. STANDAR PELAYANAN GANGGUAN JARINGAN INTERNET / LAN
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Persyaratan |
Surat Permohonan Pelayanan Gangguan Jaringan Internet / LAN |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
Pemohon bisa datang langsung ke Dinas Kominfo atau dilaporkan melalui aplikasi SAKTI dengan menyertakan penjelasan terkait gangguan tersebut, tim jaringan mengidentifikasi gangguan tersebut |
3. |
Jangka Waktu pelayanan |
Maksimal 3 (tiga) hari kerja |
4. |
Biaya/ tarif |
Tidak dipungut biaya |
5. |
Produk pelayanan |
Identifikasi dan pembenahan gangguan jaringan internet / LAN |
6. |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan |
Melalui aplikasi SAKTI (http://sakti.pasuruankab.go.id) |
7. |
Waktu pelayanan |
Jam 08.00 – 14.00 WIB |
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Dasar Hukum |
|
2. |
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas |
|
3. |
Kompetensi pelaksana |
|
4. |
Pengawasan Internal |
Supervisi atasan langsung |
5. |
Jumlah pelaksana |
Minimal 1 orang teknisi untuk pelayanan gangguan jaringan internet / LAN |
6. |
Jaminan pelayanan |
Memberikan pelayanan gangguan jaringan internet / LAN sesuai yang diinginkan pemohon |
7. |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Terdapat sistem pengamanan jaringan yang terupdate |
8. |
Evaluasi kinerja pelaksana |
1 Bulan sekali dilakukan eveluasi kepala pelaksana teknis yang menangani kendala jaringan |
3. STANDAR PELAYANAN PERMOHONAN PENYELENGGARAAN VIDEO CONFERENCE
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Persyaratan |
Surat Permohonan penyelenggaraan Pelayanan Video Conference |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
|
3. |
Jangka Waktu pelayanan |
Maksimal 1 (satu) jam |
4. |
Biaya/ tarif |
Tidak dipungut biaya |
5. |
Produk pelayanan |
Memberikan akun zoom sesuai permintaan |
6. |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan |
Melalui aplikasi SAKTI (http://sakti.pasuruankab.go.id) |
7. |
Waktu pelayanan |
Jam 08.00 – 14.00 WIB |
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Dasar Hukum |
|
2. |
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas |
|
3. |
Kompetensi pelaksana |
|
4. |
Pengawasan Internal |
Supervisi atasan langsung |
5. |
Jumlah pelaksana |
Minimal 1 orang Operator Video Conference (Jika dibutuhkan) |
6. |
Jaminan pelayanan |
Memberikan pelayanan Video Conference |
7. |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Mendapatkan link Vidcon dan petunjuk penggunaan yang benar |
8. |
Evaluasi kinerja pelaksana |
1 (satu) minggu sekali |
III. BIDANG DATA INFORMASI PUBLIK (DIP)
- STANDAR PELAYANAN DATA STATISTIK SEKTORAL
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses permintaan data statistik sektoral
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Persyaratan |
Mengisi identitas diri |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
Pemohon informasi publik menyampaikan melalui :
|
3. |
Jangka Waktu pelayanan |
1 hari kerja sesuai dengan data yang tersedia |
4. |
Biaya/ tarif |
Tidak dipungut biaya |
5. |
Produk pelayanan |
Data statistik sektoral yang dibutuhkan oleh pemohon |
6. |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan |
|
7. |
Waktu pelayanan |
|
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Dasar Hukum |
|
2. |
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas |
|
3. |
Kompetensi pelaksana |
|
4. |
Pengawasan Internal |
Supervisi atasan langsung |
5. |
Jumlah pelaksana |
Maksimal 2 orang petugas pada setiap OPD |
6. |
Jaminan pelayanan |
Memberikan pelayanan informasi yang cepat dan tepat waktu |
7. |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Memberikan pelayanan yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan. |
8. |
Evaluasi kinerja pelaksana |
Dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun |
2. STANDAR PELAYANAN DATA INFORMASI PUBLIK (INFORMASI LUAR RUANGAN)
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan informasi luar ruangan (service delivery).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Persyaratan |
Melampirkan identitas diri |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
Pemohon Data informasi publik menyampaikan melalui :
|
3. |
Jangka Waktu pelayanan |
3 hari kerja |
4. |
Biaya/ tariff |
Tidak dipungut biaya |
5. |
Produk pelayanan |
Baliho atau benner yang diminta oleh pemohon |
6. |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan |
Datang langsung ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan
|
7. |
Waktu pelayanan |
Jam 08.00 – 14.00 WIB |
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan informasi luar ruangan di internal organisasi (manufacturing).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Dasar Hukum |
|
2. |
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas |
|
3. |
Kompetensi pelaksana |
|
4. |
Pengawasan Internal |
Supervisi atasan langsung |
5. |
Jumlah pelaksana |
Maksimal 2 orang petugas pada setiap OPD |
6. |
Jaminan pelayanan |
Memberikan pelayanan data informasi yang cepat dan tepat waktu |
7. |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Memberikan pelayanan data yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan. |
8. |
Evaluasi kinerja pelaksana |
Dilakukan minimal satu kali dalam satu bulan |
3. STANDAR PELAYANAN PENGOLAHAN DAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Persyaratan |
Melampirkan identitas diri |
2. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
Pemohon informasi publik menyampaikan melalui :
|
3. |
Jangka Waktu pelayanan |
10 hari kerja |
4. |
Biaya/ tarif |
Tidak dipungut biaya |
5. |
Produk pelayanan |
|
6. |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan |
|
7. |
Waktu pelayanan |
Jam 08.00 – 14.00 WIB |
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing).
No |
Komponen |
Uraian |
1. |
Dasar Hukum |
|
2. |
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas |
|
3. |
Kompetensi pelaksana |
|
4. |
Pengawasan Internal |
Supervisi atasan langsung |
5. |
Jumlah pelaksana |
Maksimal 2 orang petugas pada setiap OPD |
6. |
Jaminan pelayanan |
Memberikan pelayanan informasi yang cepat dan tepat waktu |
7. |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Memberikan pelayanan yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan. |
8. |
Evaluasi kinerja pelaksana |
Dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun |
KEPUTUSAN KEPALA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
KABUPATEN PASURUAN
NOMOR : 060/62/424.084/2021
TENTANG
PENETAPAN MAKLUMAT PELAYANAN PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2021
KEPALA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA,
Menimbang : |
a. |
bahwa dalam rangka memujudkan penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan asas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dan guna mewujudkan pelayanan, setiap penyelenggara pelayanan public wajib menetapkan maklumat pelayanan; |
|
|
b. |
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huru a, maka perlu menetapkan Maklumat pelayanan pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan Tahun 2021 dengan Keputusan Kepala Dinas; |
|
Mengingat : |
1. |
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1950 tentang Pemerintahan Daerah Kabupaten di Djawa Timur sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1965; |
|
|
2. |
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme; |
|
|
3. |
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik; |
|
|
4. |
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan; |
|
|
5. |
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; |
|
|
6. |
Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik; |
|
|
7. |
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan dan Penerapan Standart Pelayanan; |
|
|
8. |
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standart Pelayanan; |
|
|
9. |
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah; |
|
|
10. |
Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 56 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika;
|
|
MEMUTUSKAN |
|||
Menetapkan : |
|
|
|
KESATU
KEDUA
KETIGA |
:
:
: |
Maklumat Pelayanan pada Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Pasuruan Tahun 2021 sebagimana tercantum dalam Lampiran keputusan ini. Dalam menyelenggarakan pelayanan guna memenuhi Maklumat Pelayanan sebagimana dimaksud pada dictum KESATU, seluruh Pegawai wajib memperhatikan ketentuan Peraturan Perundang-undangan dengan sebaik-baiknya. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal 4 Januari 2021 |
|
Ditetapkan di : Pasuruan
pada tanggal : 04 Janauri 2021
Tembusan :
|
KEPALA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PASURUAN
Drs. SYAIFUDIN AHMAD, M.Si Pembina Utama Muda NIP.19601010 198903 1 013
|