Hadir dalam Peresmian Modeling Budidaya Ikan Nila Salin, KPP RI Jadikan Kabupaten Pasuruan Modeling Kawasan Budidaya - DISKOMINFO Kabupaten Pasuruan

Hadir dalam Peresmian Modeling Budidaya Ikan Nila Salin, KPP RI Jadikan Kabupaten Pasuruan Modeling Kawasan Budidaya

94x dibaca    2024-05-11 08:00:00    Administrator

Hadir dalam Peresmian Modeling Budidaya Ikan Nila Salin, KPP RI Jadikan Kabupaten Pasuruan Modeling Kawasan Budidaya

Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) menjadikan Kabupaten Pasuruan sebagai salah satu modeling kawasan tambak budi daya ikan nila salin di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto usai menghadiri acara Peresmian Modeling Budidaya Ikan Nila Salin di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Desa Pusakajaya Utara, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

Menurutnya, terpilihnya Kabupaten Pasuruan sebagai satu diantara kawasan penerima program Revitalisasi Tambak Pantura dari Pemerintah Pusat merupakan peluang sekaligus kesempatan luar biasa. Khususnya dalam mengembangkan sektor perikanan melalui budidaya Ikan Nila Salin yang sedianya akan mulai diimplementasikan pada tahun 2025 mendatang.

Oleh karenanya, Pj Bupati Andriyanto meminta kepada Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan untuk memfasilitasinya, memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan program. Mulai dari tahapan persiapan, penerapan hingga melakukan monitoring dan evaluasi Budidaya Ikan Nila Salin yang siap diaplikasikan di Kabupaten Pasuruan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Alfi Khasanah yang juga turut hadir dalam acara Peresmian tersebut menyatakan kesiapannya dalam mendukung Budidaya Ikan Nila Salin. Saat ini masih dalam proses penyiapan pelaksanaan program komperehensif sebelum kemudian di implementasikan di beberapa kawasan yang telah ditunjuk menjadi lokasi budidaya.

Ditambahkannya, kesiapan pelaksanaan program juga didukung dengan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dari para pembudidaya dalam mengelolanya, Maka dari itu, Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan akan memberikan pendampingan secara intens dan membekalinya dengan Teknik budidaya Ikan Nila Salin. 

"Nanti akan dibangun infrastruktur jalan, model tambaknya, instalassi Listrik, kelengkapan sarana dan prasarana. Jadi kita tinggal melaksanakan, anggaran ada di Kementerian Perikanan. Total 28 Kabupaten/Kota se-wilayah Pantura Jawa, 13 Trilyun. Di antaranya Kabupaten Pasuruan," imbuhnya. (R.A)


Komentar (0)

  1. Belum ada komentar

Tulis Disini